Baca juga yang ini

Alhamdulillah...satu tahap perjuangan telah dilalui...

Rasulullah bersabda :"Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka ia berjuang fi sabilillah hingga ia kembali.(HR.Muslim) Jum'at...

Tuesday, April 12, 2016

100 Tahun Perguruan "Taallumul Huda" Bumiayu Dalam Lintasan Sejarah Menuju Peradaban



A.     Nama Kegiatan
Peringatan 100 tahun Perguruan “ Ta’allumul Huda” Bumiayu
B.      Tema Kegiatan
Kegiatan Peringatan 100 tahun Perguruan Ta’allumul Huda” Bumiayu ini mengangkat tema: “100 tahun Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu dalam Lintasan Sejarah Menuju Peradaban.





C.      Latar Belakang
Perguruan "Ta’allumul Huda" Bumiayu adalah salah satu organisasi yang semenjak berdirinya memiliki kepedulian dalam mempersiapkan warga negara yang memiliki kemajuan, ketrampilan serta profesionalitas dalam berbagai bidang disiplin ilmu dan beberapa satuan pendidikan. Madrasah "daarut Taallumul Huda" merupakan embryo lembaga pendidikan yang pertama kali didirikan oleh tokoh-tokoh pendidik di Bumiayu pada tahun 1916. Dalam waktu relatif singkat Madrasah Daarut   Ta’allumul Huda cepat berkembang, dan pada tahun 1919 berubah nama menjadi Ta'allumul Huda School (THS). Pada tahun 1938, Perguruan “Ta’allumul Huda” mendirikan Madrasah Diniyah “Tallumul Huda, SRI/SDI/MI Ta’allumul Huda (1950), SMI/SMP ISLAM (1953) dan Tk (1956).

Dalam perjalanan pengembangannya, pada tahun 1957 perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu resmi mendirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu. Pada tahun-tahun  selanjutnya yayasan ini mengalami kemajuan yang cukup pesat
Dalam hal ini terbukti dengan berdirinya SKP Ta’allumul Huda (1957), Muallimin (1962), Muallimat(1964), SKKA/SMKK (1972), SMA (1984), STKIP Islam Bumiayu (2009), STIE Islam Bumiayu(2012) dan Universitas Peradaban (2014)

Jika dihitung dari berdirinya Madrasah Daarut Ta’alllumul Huda (1916) berarti Perguruan Tinggi Ta’allumul Huda pada tahun 2016 tepatnya bulan Juli telah berusia 100 tahun( satu abad). Dalam usia yang cukup matang ini, Yayasan Perguruan tinggi Ta’allumul Huda sudah lebih berperan dalam dunia pendidikan di tingkat Nasional maupun Internasional.

D. Tujuan Kegiatan
Tujuan peringatan 100 tahun Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu yaitu,:
1.      Memupuk semangat kebersamaan dikalangan lembaga-lembaga di bawah naungan Yayasan Ta’allumul Huda Bumiayu, alumni, dan masyarakat luas dalam mempertahankan dan meningkatakan eksistensi Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu melalui pendidikan.
2.      Menciptakan hubungan kerjasama di semua  kalangan

3.      Meningkatkan dan mengembangkan apresiasi terhadap pendidikan melalui Yaysaan Perguruan Ta’alllumul Huda Bumiayu yang dapat memperkuat daya saing bangsa.

E.      Agenda Kegiatan
Rangkaian kegiatan Peringatan 100 tahun Perguruan "Ta’allumul Huda” Bumiayu diawali dengan upacara pembukaan yang akan diselenggarakan tanggal 14 April 2016. Selanjutnya kegiatan-kegiatan lainnya menyusul seperti Pawai Taarruf,Pameran, Seminar Nasional dan berbagai lomba yang melibatkan berbagai pihak dari unsur masyarakat umum dan pelajar dari tingkat TK sampai mahasiswa. Lomba Mewarnai, jalan sehat, paduan suara, olimpiade Matematika, paduan suara dan sebagainya. 



Ikasmi(Ikatan alumni "ta'allumul Huda" bersama staff dan Rektor Univ.Peradaban di Bumiayu

2 comments:

  1. Replies
    1. bener mba ...sudah satu abad. Para pendirinya sudah almarhum..anak cucunya yang meneruskannya. Antara lain Prof. Yahya Muhaimin mantan Mendiknas RI

      Delete

tiada arti catatan saya, tanpa jejak komentar anda...
Salam Cinta